Kamis, Mei 16, 2013

Cara Memperbaiki Charger Laptop Tidak Mau Ngisi Baterai



Cara Memperbaiki Charger Laptop Tidak Mau Ngisi Baterai ~ Charger laptop merupakan bagian yang sering mengalami masalah. Hal ini mungkin disebabkan kabel charger sering ditekuk-tekuk atau digulung dan diikat. Sehingga memungkinkan kabel tersebut putus dan mengalami konslet atau hubungan pendek.

Charger laptop tidak mau ngisi baterai, logika sederhana apabila masalah ini terjadi, berarti arusl listerik tidak sampai ke baterai laptop. Jagan memvonis baterai laptop dahulu, ada baiknya kita periksa dulu chargernya. Pastikan bahwa kabel terpasang dengan benar pada jek listrik mapun kabel yang terpasang ke charger harus terpasang dengan baik.

Apabila semua sudah yakin benar, bararti ada masalah pada charger. Bisa kabel putus atau konslet. Saya pernah mengalami suatu kasus dimana charger tidak mau ngisi baterai laptop. Setelah saya amati, saya menemukan beberapa indikasi tidak wajar pada charger laptop saya. Berikut indikasi yang saya temukan :
1. Charger mangalami panas berlebih (bisa disentuh menggunakan tangan)
2. Terdengat bunyi beep pada charger

Nah dua indikasi tersebut yang saya temuka. Apa gerangan yang terjadi. Insting saya mengatakan bahwa charger laptop saya mengalami konsleting. Tidak pikir panjang, langsung saya bongkar charger tersebut.

Eit ada masalah ketika saya ingin membuka charger. Ternyata charger laptop tidak dipasang dengan menggunakan baud, melainkan merekat erat. Hmmm.... terpaksa saya melakukan kekerasan pada charger tersebut, yaitu dibelah dengan paksa menggunakan pisau dan martil. Tapi, ada cara unik membongkar charger laptop. Berikut adalah video cara membongkar charger laptop.

Nah, hasilnya akan nampak seperti gambar di bawah ini.


Silakan anda periksa pada bagian kabel dibawah ini
Ada konslet ataupun putus akan terlihat di situ. Silakan teliti dan perbaiki. Saya yakin anda sudah bisa bagaimana mengatasi kabel putus dan konslet. Jadi tidak perlu dibahas panjang lebar di sini.

Cara memperbaiki charger laptop ini adalah bagian dari teknik-teknik memperbaiki laptop rusak dari ebook Qbonk yang berjudul Trouble Shooting dan Solusi Hardware Laptop. Ebook ini membahas secara lengkap bagaimana cara memperbaiki hardware-hardware laptop yang rusak. Anda tertarik dengan ebook ini, silakan anda dapatkan di situs resmi Qbonk Media Group.



belajar komputer

Panduan Teknisi Komputer Penting Untuk Anda!!!

  • Panduan Memperbaiki Motherboard !!
  • Panduan Memperbaiki Laptop !!
  • Panduan Memperbaiki Komputer !!
  • Panduan Jaringan Komputer !!
  • Panduan Memperbaiki Monitor LCD !!
  • Panduan Memperbaiki Hardisk !!
  • Panduan Memperbaiki Power Supply !!
  • Panduan Mastering Windows 7 !!
  • Panduan Memperbaiki Semua Jenis Printer !!
  • Panduan Mastering BIOS !!
  • Panduan Power Point 2007 !!
  • Panduan Troubleshooting dan Solusi Perbaikan Hardware Laptop

  • 2 komentar:

    1. keren mas,,,, tp sy masih bingung dengan masalah pada adaptor sy. Arus pada keluaran nya ada tp tidak dapat mengisi. kemungkinan sih ada komponennya yang jebo.,,, solusinya apa yah mas???
      http://pangissengang.blogspot.com/

      BalasHapus
    2. Anehnya gini mas, laptop bisa ngecas ditempat tapi dirumah sendiri ga bisa?

      Mohon jawaban

      BalasHapus